Pelabuhan Ketapang Sunyi, Korlantas Polri Apresiasi Koordinasi Polresta Banyuwangi dan Bali

By hexa tech 08 Mei 2021, 20:36:22 WIB Program Kerja
Pelabuhan Ketapang Sunyi, Korlantas Polri Apresiasi Koordinasi Polresta Banyuwangi dan Bali

Keterangan Gambar : Dirregident Korlantas Polri didampingi Kapolresta Banyuwangi Tinjau Pelabuhan Ketapang


Tribratanews Polresta Banyuwangi | Dirregident Korlantas Mabes Polri mengapresiasi komunikasi yang terjalin baik antara Polresta Banyuwangi dengan jajaran Polda Bali, menyusul volume penumpang kapal di lintas Ketapang-Gilimanuk terpantau sepi dengan adanya kebijakan larangan mudik.

Hanya terlihat beberapa unit kendaraan logistic di area Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Gilimanuk Bali untuk memasok berbagai macam kebutuhan pokok. Demikian halnya pengguna jasa dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi juga terpantau normal.


Baca Lainnya :

Dan untuk memastikan kondisi dilapangan, Dir Regident Korlantas Polri, Brigjen Yusuf mengunjungi Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Sabtu (8/5/2021).

Didampingi Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin, Brigjen Yusuf mengecek Pos Check Point Penyekatan Antar Propinsi, Operasi Ketupat Semeru 2021 di area Pelabuhan Ketapang. Selanjutnya, memantau area dermaga guna memastikan bahwa kendaraan yang masuk maupun keluar dari kapal adalah kendaraan logistic.

“Kami melihat situasi di Pelabuhan Ketapang terpantau sepi. Ini adalah upaya dari satuan wilayah khususnya dari Banyuwangi, yang telah melaksanakan kebijakan larangan mudik dengan baik,” ujar Brigjen Yusuf.

Namun tentunya kata Brigjen Yusuf, sebelumnya telah dilakukan sosialisasi sehingga masyarakat mematuhinya dengan tidak ada kegiatan mudik.

“Kami juga melihat hanya kendaraan barang dan logistic yang keluar masuk pelabuhan. Meski demikian, para sopir dan kernetnya di wajibkan menjalani rapid tes ataupun GeNose yang telah disediakan di area pelabuhan Ketapang,” paparnya.

Brigjen Yusuf menjelaskan, Pelabuhan Ketapang ini merupakan pintu perbatasan dari Jawa ke Bali maupun sebaliknya sehingga perlu dilakukan pemantauan cukup ketat. Dan dengan kondisi pelabuhan yang sepi, dia menilai berarti sudah ada koordinasi yang baik dilaksanakan antara Polresta Banyuwangi dengan Polres Tabanan Bali bersama jajarannya.

“Brarti ini ada koordinasi yang baik, Polresta Banyuwangi dengan jajaran kepolisian di Bali,” ungkap mantan Kapolres Banyuwangi tersebut.

“Kondisi ini juga sangat bagus, karena kedua daerah bersama-sama saling memfilter penumpang kapal yang akan masuk ke wilayahnya,” imbuh Brigjen Yusuf.

Dalam artian, baik kepolisian di Banyuwangi maupun di Bali tidak terlalu berat untuk memeriksa setiap orang yang datang.

Lebih lanjut Brigjen Yusuf mengatakan, pihaknya dari tim pengamat wilayah Korlantas Mabes Polri telah melaksanakan pengamatan di wilayah Jawa Timur, khususnya dari arah Solo sampai Banyuwangi.

“Kami pantau utamanya di daerah Perbatasan. Sebelumnya, kami laksanakan pengamatan di daerah Ngawi yang berbatasan dengan Jawa Tengah. Sekarang di pelabuhan Ketapang, perbatasan Jawa dan Bali,” jelasnya.

Brigjen Yusuf menambahkan, disana tercatat ada 88 kendaraan yang dilakukan putar balik karena diketahui hendak pulang kampung. Sebagian besar adalah kendaraan yang dari arah Solo.

Sementara, Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin mengaku berterima kasih atas apresiasi yang disampaikan Dir Regident Korlantas Polri tersebut.

“Memang kami sebelumnya telah lakukan sosialisasi larangan mudik. Baik lewat spanduk maupun media,” ungkap Kombes Arman.

Selain itu kata Kapolresta, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Polres Jembrana terkait pemberlakukan larangan mudik. Khususnya bagi pengguna jasa penyeberangan Ketapang-Gilimanuk, untuk penumpang pejalan kaki, kendaraan roda 2, kendaraan roda 4, kecuali truck pengangkut logistic.

“Alhamdulillah, koordinasi kami membuahkan hasil. Situasi pelabuhan Ketapang sepi, masyarakat mematuhi larangan mudik,” pungkas Kombes Arman.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment