Pencetak Uang Rupiah Palsu Diciduk Satreskrim Polresta Banyuwangi

By hexa tech 06 Mei 2021, 18:42:11 WIB Kriminal
Pencetak Uang Rupiah Palsu Diciduk Satreskrim Polresta Banyuwangi

Keterangan Gambar : Pencetak Uang Rupiah Palsu Diciduk Satreskrim Polresta Banyuwangi


Tribratanews Polresta Banyuawangi | Satreskrim Polresta Banyuwangi terus melakukan pengembangan penyelidikan kasus peredaran uang palsu yang dilakukan tersangka ibu rumah tangga berinisial MW (51) warga Lingkungan Krajan, Kelurahan Bulusan, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi.

 

Baca Lainnya :

"Saat ini kami tengah melakukan pengembangan penyelidikan kasus ini, termasuk mencari alat bukti yang lain," ujar Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin, S.H., S.I.K., M.H. dalam kegiatan Konferensi Pers, Kamis (6/5/2021).

 

Tersangka MW ditangkap setelah kedoknya sebagai pencetak uang palsu berhasil diungkap Satuan Reskrim Polresta Banyuwangi. Modusnya, tersangka membelah uang asli menjadi dua bagian. Selanjutnya satu sisi uang asli ditempel dengan belahan uang palsu yang telah discanner.

 



Keterangan Gambar : Uang kertas palsu pecahan Rp. 100 ribu hasil scanner disetrika lalu ditempel dengan sisi uang asli. (Foto: Fattahur)

 

Tersangka, kata Arman, disinyalir memproduksi dan mengedarkan uang palsu tersebut di Banyuwangi hingga ke luar Provinsi.

 

"Sementara masih kita dalami, karena diduga tersangka telah menjual atau mengedarkan uang palsu tersebut hingga ke luar provinsi. Termasuk melakukan pengembangan terkait berapa jumlah uang paslu yang sudah dijual tersangka," jelasnya.

 

Tersangka merupakan residivis kasus serupa pada tahun 2010. Namun saat ini dia kembali tertangkap dan terancam dipenjara selama 10 tahun karena diduga melanggar Pasal 36 ayat (2) Jo Pasal 26 ayat (2) UU RI No 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang. (f*)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment